4 Tanda Kanker Serviks yang Diketahui

Kanker serviks telah mempengaruhi banyak wanita di seluruh dunia dan karena itu pula merupakan asimtomatik pada tahap awal, dan itu sangat sulit untuk didiagnosa dan pada akhirnya sebabkan jatuhnya korban jiwa. Hampir 90% kanker serviks pada wanita disebabkan oleh virus papiloma HPV. Virus tersebut dapat ditularkan ketika seorang wanita mulai aktif berhubungan badan sejak usia dini atau memiliki banyak pasangan tanpa menggunakan alat kontrasepsi.

Tanda Kanker ServiksMeroko dan juga HIV juga dikatakan sebabkan kanker serviks pada wanita. Karena tidak semua penyebab kanker serviks diketahui, jadi beberapa faktor lain juga bisa sebabkan kanker serviks. Berikut adalah beberapa tanda-tanda kanker serviks.

Perdarahan vagina

Perdarahan berlebihan pada vagina, terutama di antara siklus menstruasi dan pendarahan setelah menopause bisa menjadi gejala dan tanda kanker serviks. Tahap awal kanker serviks mungkin sekali tanpa gejala-gejala mencurigakan.

Perdarahan ketika berhubungan

Apabila seseorang mengalami pendarahan ketika kontak fisik atau hubungan badan, seseorang tersebut mungkin menderita kanker serviks. Meskipun ada kemungkinan bahwa hal tersebut bisa disebabkan oleh sesuatu yang lain dan gejala dari masalah lain, selalu waspadalah. Seseorang juga mungkin mengalami rasa nyeri ketika berhubungan seksual.

Mungkin ada metastasis pada kanker serviks tahap lanjut

Pada tahap lanjut kanker serviks, metastase dapat hadir di perut, paru-paru atau di tempat lain.

Gejala lain yang bisa sangat membingungkan adalah

kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan, kelelahan, nyeri panggul, sakit punggung, sakit kaki, kaki bengkak, perdarahan berat dari vagina, patah tulang, dan / atau (jarang) kebocoran urin atau feses dari vagina.

Mendapatkan tes Pap smear secara teratur sangat penting dalam mencari tahu apakah seseorang memiliki risiko terkena kanker. Diagnosis dini dan perawatan medis dapat menyembuhkan kanker, sementara untuk kanker serviks lanjut mungkin tidak banyak kesempatan dan melibatkan banyak kemoterapi.

Demikinlah 4 tanda kanker serviks yang perlu diketahui. Segera lakukan pemeriksaan dan pengobatan apabila memiliki tanda-tanda kanker serviks seperti diatas. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *