Apa Penyebab Penyakit Cacar Air?

Penyebab Penyakit Cacar AirVarisela merupakan istilah yang digunakan dalam dunia medis, di masyarakat sendiri cacar air adalah istilah yang sering digunakan. Cacar air sering sekali terjadi pada anak berusia di bawah 10 tahun, sedangkan orang dewasa jarang sekali mengalami cacar air. Penderita cacar air biasanya tidak akan mengalami kembali cacair pada saat dewasa atau selama hidupnya.

Penyebab Penyakit Cacar Air Adalah Virus

Cacar air ini termasuk penyakit yang sangat menular, virus varisela zoster yang merupakan penyebab dari cacar air dapat dengan mudah menyebar melalui udara, baik itu karena batuk atau bersin dari penderita cacar air. Bisa juga menyebar melalui sentuhan atau menghirup partikel virus yang berasal dari lecet cacar.

Yang paling harus diperhatikan adalah Anda bisa dianggap sudah terpajan virus cacar air jika telah mengalami kontak langsung atau pernah satu ruangan dengan pengidap selama 15 menit.

Gejala Umum Cacar Air

Penderita cacar air biasanya akan muncul ruam pada kulit, dan ruam tersebut dapat berubah menjadi bintil-bintil merah berisi cairan serta akan terasa gatal. Bagian tubuh yang sering mengalami bintil-bintil cacar air adalah wajah, belakang telinga, kulit kepala, lengan dan kaki.

Risiko Penderita Cacar Air

Seperti apa yang telah dijelaskan diatas, cacar air umumnya hanya diderita satu kali seumur hidup. Akan tetapi, virus varisela zoster penyebab penyakit cacar air dapat kembali aktif dan menyebabkan penyakit yang berbeda dari cacar air, yaitu herpes zoster.

Herpes zoster ini banyak ditemukan pada orang-orang dengan usia lanjut, karena daya tahan tubuh mereka melemah. Biasanya usia 50 tahun berisiko mengalami herpes zoster, dimana sebelumnya pernah menderita cacar air. Baca juga Cara Terbaik Mengobati Herpes Zoster

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *