5 Penyebab Bayi Mencret Terus Menerus

Penyebab Bayi Mencret Terus Menerus

Foto bayi sedang diganti popok

[dropcap]D[/dropcap]i masyarakat sering sekali terjadi mencret pada bayi. Mencret dalam bahasa medis disebut dengan diare. Usia bayi yang rentan terkena diare adalah 12 hingga 24 bulan. Penyebab bayi mencret disebabkan oleh pencernaan yang sedang beradaptasi dengan berbagai makanan dan minuman yang masuk. Oleh sebab itu, makanan dan minuman bisa menjadi salah satu penyebab diare.

Makanan yang terlalu asam, terlalu manis atau asin bisa menyebabkan anak bayi terkena diare. Selain itu, bisa saja anak memang memiliki alergi terhadap makanan tertentu seperti telur dan ikan. Dalam memahami penyebab mencret pada bayi dan obat mencret untuk bayi perlu peran aktif orang tua terutama ibu sangatlah penting.

Dan berikut adalah beberapa penyebab bayi mencret terus, yang umum dialami bayi:

  1. Karena infeksi, mikroorganisme, seperti virus, parasit dan bakteri bisa menyebar melalui minuman atau juga makanan yang tercemar. Selain itu bisa juga mikroorganisme merugikan ini bisa menyebar melalui tinja, makanan, peralatan makan, jari-jari tangan dan lalat.
  2. Turunnya daya tahan tubuh, bayi dapat memiliki daya tahan tubuh yang kurang baik, apabila ibunya tidak memberikan ASI sampai usia 2 tahun atau lebih. Perlu diketahui, kandungan dalam ASI memiliki zat gizi yang dapat meningkatkan antobodi si bayi, selain itu berbagai nutrisi yang menunjang pertumbuhan juga terkandungan dalam ASI. Kita tahu bahwa bayi yang memiliki sistem imun dibawah normal dapat mudah terserang berbagai organisme merugikan.
  3. Lingkungan yang kurang sehat, sarang penyakit sering berkembang pada lingkungan yang telah terkontaminasi zat-zat merugikan, termasuk tinja. Bayi yang hidup pada lingkungan ini risiko terkena mencret terus menerus (diare) akan tinggi. Ditambah prilaku orang tua atau orang sekitar yang tidak sehat.
  4. Keracunan makanan, jelas makanan yang telah melebihi waktu kadaluarsa atau, memiliki zat yang merugikan dalam makanan bila masuk dalam tubuh di bayi dapat berefek buruk pada tubuh, terutama organ-organ pencernaan. Salah satu masalah yang akan muncul adalah diare.
  5. Memiliki alergi makanan, alergi makanan umumnya merupakan turunan. Dan bayi yang memiliki penyakit alergi makanan ini, bila mengkonsumsi makanan tertentu dapat menimbulkan reaksi alergi. Dampaknya si bayi bisa saya mengalami mencret terus menerus.

Orang tua atau seseorang yang merawat bayi, haruslah memahami berbagai penyebab diare. Beberapa hal penyebab bayi mencret terus menerus diatas, mungkin hanya sebagian point saja. Ada banyak penyebab diare pada bayi. Pengetahui mengenai pencegahan serta pengobatan pertama juga harus diketahui oleh orang tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *