5 Penyebab Asam Urat Meningkat Yang Jarang Diketahui

5 Penyebab Asam Urat Meningkat Yang Jarang DiketahuiPola makan zaman dulu dan sekarang sangat berbeda sekali, faktanya banyak masyarakat yang menderita berbagai penyakit. Salah satu diantaranya adalah penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat. Masyarakat modern seperti sekarang, ramai mengkonsumsi makanan yang tinggi purin. Untuk menghindari hal tersebut diperlukan pengetahui tentang penyebab asam urat meningkat. Sehingga kita dapat menghindari apa-apa yang bisa tingkatkan kadar asam urat.

Tingkat asam urat diatas normal bisa memicu penyakit gout, dimana penyakit ini dapat memberikan rasa nyeri pada persendian. Pada dasarnya, asam urat merupakan senyawa turunan purin yang ada dalam tubuh manusia (wikipedia). Namun, jumlah asam urat ini dapat meningkat apabila tubuh diberikan banyak makanan yang tinggi zat purin.

Kadar asam urat dalam tubuh merupakan limbah yang dihasilkan oleh sel-sel dalam tubuh. Sebenarnya asam urat dalam tubuh sebagian besar dibuang melalui organ ginjal, dan sisanya dibuang melalui saluran pencernaan. Kondisi tersebut dapat tidak berjalan dengan semestinya, dan menyebabkan asam urat yang dibuang dari tubuh jauh lebih sedikit dari jumlah yang diproduksi.

Bila kondisi yang buruk tersebut terjadi, asam urat akan bermuara di dalam sendi atau di sekeliling jaringan sendi, dan membentuk kristal-kristal tajam natrium urat berukuran mikro.

Ada banyak sekali penyebab yang dapat meningkatkan kadar asam urat menaik. Dan berikut adalah 5 penyebab asam urat meningkat yang jarang diketahui:

Minuman dengan gula tinggi

Frukosta tinggi yang terkandung dalam minuman ringan manis, dapat tingkatkan risiko seseorang mengalami penyakit asam urat. Fruktosa sendiri adalah zat gula yang terdapat dalam buah-buahan.

Masalah kesehatan yang sebelumnya diderita pasien

Seseorang yang pernah mengalami masalah medis tertentu dapat meningkatkan kadar asam urat, dan risiko terkena penyakit asam urat akan meningkat. Berikut 5 penyakitnya:

  • Kadar lemak dan kolesterol yang tinggi dalam darahnya
  • Penyakit ginjal
  • Osteoartritis pada tangan, lutut, dan kaki
  • Diabetes, baik diabetes tipe 1 maupun tipe 2
  • Tekanan darah tinggi

Obat-obatan pemicu asam urat meningkat

Dimasyarakat obat-obatan jarang sekali diketahui sebagai penyebab asam urat meningkat. Seseorang bisa rentan terserang gout dan juga kadar asam urat dapat meningkat, apabila mengkonsumsi obat-obatan dibawah ini:

  • Niacin yaitu obat yang digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi.
  • Diuretik atau pil air, yaitu obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan juga mengobati penumpukan cairan di dalam tubuh yang tidak wajar.
  • Obat-obatan pereda tekanan tinggi lainnya, seperti obat penghambat saluran kalsium, obat penghambat enzim pengubah angiotensin, dan obat penghambat beta.
  • Aspirin.

Baca juga: Cara Menyembuhkan Penyakit Asam Urat Secara Alami

Pria lebih rentan terhadap serangan gout

Kadar asam urat pada pria dapat meningkat selama masa puber,  dan akan tetap lebih tinggi dari wanita hingga dewasa. Sedangkan wanita sebaliknya, mereka memiliki ormon estrogen yang mampu menurunkan kadar asam urat dan memperlancar pembuangannya melalui ginjal.

Sayuran tertentu

Beberapa sayuran yang kaya purin dan harus dibatasi, yakni tidak lebih dari dua porsi (1 gelas sayuran mentah atau 1/2 cangkir sayuran yang dimasak) per minggu. Berikut sayuran yang dimaksud, kangkung, bayam, asparagus, kembang kol, kacang lentil, kacang panjang, kacang polong.

Meskipun 5 penyebab asam urat meningkat diatas demikian, namun tidak sedikit juga orang yang memiliki kadar asam urat tinggi dalam darah mereka, akan tetapi tidak ditemukan pembentukan kristal-kristal natrium urat pada sendi-sendi mereka. Dan juga, setiap orang memiliki tingkat kerentanan mereka berbeda-beda, meskipun kadar asam urat mereka sama..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *