Obat Untuk Benjolan di Bibir Kemaluan Wanita

Penyakit kista bartholin merupakan pembengkakan atau pembesaran yang terjadi pada kelenjar bartholin. Kelenjar ini terletak di kedua sisi bibir vagina. Bartholin bekerja menghasilkan cairan untuk pelumas ketika berhubungan seksual.

Kelenjar ini ukurannya kecil, dan tidak akan mudah untuk teridentifikasi bila kelenjar ini mengalami kista.

Penyebab Dari Kista Bartholin

Saluran yang mengalirkan cairan hasil kelenjar bartholi ke vagina ini terhambat. Cairan tersebut akan ditampung dalam saluran tersebut dan lama-kelamaan akan menumpuk, kemudian berkembang dan menjadi kista.

Kista bartholin dapat semakin membengkak setelah penderita berhubungan seksual, mengapa? Karena cairan sebagai pelumas akan diproduksi oleh kelenjar bartholin ketika berhubungan badan.

Penyumbat kelenjar bartholin dapat muncul akibat beberapa faktor, misalnya infeksi bakteri, iritasi jangka panjang, dan peradangan. Bakteri penyebab infeksi menular seksual dapat sebabkan infeksi kista bartholin, yaitu bakteri Gonococcus yang menyebabkan penyakit gonore atau kencing nanah dan Chlamydia trachomatis (penyakit chlamydia/klamidia).

Adapun bakteri lainnya adalah E. coli, Streptococcus pneumoniae, dan Haemophilus influenzae.

Gejala dari kista bartholin yang tidak terinfeksi biasanya membentuk benjolan tanpa rasa nyeri dan bisa teraba lunak. Benjolan kista bartholin ini umumnya muncul di pada satu sisi bibir kemaluan. Sementara sisi sebelahnya dalam kondisi normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *