Mata Dapat Menilai Potensi Stroke

Mata Dapat Menilai Potensi Stroke

Mengukur kemungkinan seseorang terkena stroke mungkin agak sukar. Andaikan ada sebuah cara untuk menilai potensi stroke dalam tubuh penderita tekanan darah tinggi, mungkin kita bisa menghindarinya. Namun angan-angan tersebut memanglah ada, di Singapora tepatnya di National University of Singapore peneliti menemukan tubuh seseorang dapat dinilai potensi strokenya dengan melihat pembuluh darah retina.

Peneliti melacak kejadian stroke pada 2.907 pasien tekanan darah tinggi selama rata-rata 13 tahun. Para pasien darah tinggi itu tidak mengalami stroke sebelumnya. Di awal penelitian, peneliti memotret retina setiap partisipan.

Retina sendiri adalah lapisan sel-sel yang sensitif terhadap cahaya di belakang bola mata. Kerusakan pada pembuluh darah retina yang dikaitkan dengan hipertensi, disebut dengan hypertensive retinopathy. Hasil pemotratan ini diklasifikasikan dalam kategori kerusakan, ringan, sedang, parah, dan tidak ada kerusakan.

Meskipun demikian, menurut Kamran Ikram yang merupakankepala peneliti dan asisten professor di Singapore Eye Research Institute, National University of Singapore, masih terlalu dini untuk merekomendasikan perubahan praktik klinis dalam menilai risiko stroke. Sehingga penelitian lain diperlukan untuk mengkonfirmasi temuan tersebut, agar hasil penelitian tersebut dapat bermanfaat untuk menyediakan informasi tambahan tentang risiko stroke.

[box type=”warning” ]Sumber: dokterdigital.com[/box]

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *