8 Makanan Untuk Penderita Eksim

Makanan Untuk Penderita EksimJika kamu menderita eksim untuk waktu yang lama, kamu mungkin telah mengindentifikasi makanan apa yang bisa menjadi pemicu dan beragam faktor yang dapat memperparah eksim. Mungkin musim tertentu dalam setahun bisa meningkatkan gejala eksim. Orang dengan penyakit eksim harus berhati-hati dengan makanan sehari-hari mereka. Berikut adalah beberapa makanan untuk penderita eksim yang dapat membantu mengurangi peradangan.

Pisang

Pisang kaya akan kalium, magnesium dan vitamin C. Kandungan dalam pisang ini dapat menurunkan peradangan dan mempercepat regenerasi kulit. Rasa gatal pada kulit dapat dikurangi, jika kamu memasukan pisang dalam menu makan sehari-hari.

Yoghurt

Probiotik merupakan bakteri baik yang hidup dalam tubuh. Beberapa penelitian telah menunjukan bahwa probiotik dalam yoghurt mampu membantu mengurangi gejala eksim.

Ikan dan kacang-kacangan

Makanan yang kaya asam lemak omega-3 baik sekali untuk mereka penderita eksim. Kategori tersebut termasuk, salmon, biji rami dan chia, dan kenari.

Baca juga: Gejala Penyakit Eksim Yang Harus Diketahui

Daun bawang

Daun bawang dikenal memiliki beragam kandungan yang baik untuk kulit penderita eksim. Mereka terbukti dapat mengurangi kadar histamin dalam tubuh dan juga memiliki sifat anti-inflamasi. Vitamin K yang sangat penting untuk kulit sehat dapat ditemukan dalam daun bawang ini.

Makanan sehat

Makanan yang sehat menurut para ahli medis, yaitu makanan yang alami asli, tanpa modifikasi genetik dan kurangnya pengolahan. Semakin kamu menurunkan jumah makanan olahan dalam diet, semakin baik kondisi tubuh untuk mengurangi gejala eksim. Buah-buahan segar, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian sangat baik untuk kesehatan kulit. Mengurangi gluten dalam bentuk pasta, roti dan serela bisa menghindari potensi pemicu eksim.

Suplemen alami

Sekarang, mungkin sulit untuk mendapatkan semua nutrisi dari makanan sehari-hari. Di sinilah suplemen melakukan perannya. Suplemen yang kaya omega 3, 6, dan 9, asam Gamma-linolenic (GLA) dan vitamin A, D, dan E meningkatkan kesehatan kulit. Suplemen tersebut bisa membantu melembabkan kulit, meningkatkan produksi kolagen dan melindunginya dari radikal bebas. GLA memainkan peran untuk menyeimbangkan pembentukan lemak dalam tubuh.

Teh kamomil

Kamomil memiliki sifat anti-inflamasi dan juga dapat menenangkan kulit dengan baik. Mengonsumsi teh kamomil dapat mengurangi gatal, tetapi baiknya kamu mencoba sedikit teh ini untuk mengetahui apakah teh ini bisa mengembangkan reaksi alergi.

Kentang

Kentang kaya akan serat, vitamin C dan kalium. Ketang ini bersifat alkali, yang mana masuk dalam kategori makanan terbaik yang direkomendasikan untuk penderita eksim.

Susu beras merupakan makanan lain yang dianjurkan untuk mereka yang menderita eksim. Umumnya, makanan dengan tinggi histamin harus dihindari jika kamu tidak ingin eksim mengganggu. Demikianlah tulisan mengenai makanan untuk penderita eksim, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *