Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Pankreas

makanan untuk kesehatan pankreasPankreas memiliki perang penting dalam sistem pencernaan, oleh karena hal tersebut tubuh kita harus tetap terjaga kesehatannya. Agar fungsi pankreas ini tetap berjalan normal. Olahraga dan mengonsumsi makan sehat adalah cara termudah untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan seluruh tubuh.

Kita telah mengetahui bahwa olahraga apa saja bisa meningkatkan kesehatan tubuh—termasuk organ pankreas, tapi bagaimana dengan makanan? Apa saja makanan yang baik untuk kesehatan pankreas? Pada tulisan ini husnaherbal.com akan menjelasakan uraian mengenai makanan apa yang baik untuk kesehatan pankreas, yang dilansir dari top10homeremedies.com.

Organ pankreas memiliki dua fungsi utama, yaitu mengontrol gula darah dalam tubuh dan memproduksi ensim yang berperan dalam proses pencernaan lemak dan protein.

Ketika makanan sampai di usus kecil, enzim dari pankreas berperan menetralisir asam lambung untuk mencegah kerusakan pada usus kecil.

Jika fungsi pankreas tidak berjalan dengan baik, akan terjadi beberapa masalah kesehatan, termasuk diabetes, pankreatitis dan bahkan kanker pankreas. Untuk menjauhkan kondisi tersebut dari pankreas, diet makanan sehat dan gaya hidup sehat bisa membantu meremajakan organ pankreas.

Berikut beberapa makanan yang baik untuk kesehatan pankreas, serta dapat mengatasi beragam masalah pada pankreas.

Bawang Putih

Senyawa yang disebut allicin dalam bawang putih, memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi serta memiliki kemampuan untuk mencegah kanker pankreas.

Terdapat nutrisi lain yang juga bermanfaat, seperti belerang, arginin, oligosakarida, flavonoid dan selenium, yang bisa memberikan manfaat baik untuk jaringan pankreas.

Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam Asian Pacific Journal of Cancer Prevention mengungkapkan bahwa minyak bawang putih memiliki potensi sebagai pencegahan dan terapeutik pada sel-sel karsinoma pankreas.

Tidak hanya itu, bawang putih juga sangat bermanfaat untuk mencegah serta mengobati diabetes. Karena ia memiliki sifat antihyperglycemic dan penurun lipid. Ini bisa membantu mengurangi jumlah gula dalam darah serta merangsang organ pankreas untuk memproduksi insulin lebih banyak.

Konsumsi 2 atau 3 siung bawang putih mentah setiap hari ketika perut kosong. Dan juga, sertakan bawang putih dalam masakan atau mengambil suplemen bawang putih, tapi setelah konsultasi dengan dokter.

Yoghurt

Makanan yang satu ini merupakan probiotik yang baik sekali untuk organ pankreas. Probiotik dalam yoghurt membantu menggantikan dan menambah bakteri baik dalam usus, sehingga bisa tingkatkan kesehatan pencernaan.

Manfaat lain juga ditemukan dalam yoghurt, yang bisa mengobati beragam masalah terkait pankreas.

Studi yang dilakukan tahun 2014, dan diterbitkan dalam BMC Medicine melaporkan bahwa asupan tinggi yogurt dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2.

The National Cancer Institute merekomendasikan untuk mengonsumsi 3 porsi yoghurt bebas lemak setiap hari. Ini bertujuan untuk mendapatkan sistem pencernaan dan organ pankreas sehat. Dan bahkan bisa mengurangi risiko kanker pankreas serta membantu memperbaiki kerusakan yang terjadi pada jaringan pankreas.

Bayam

Sayuran hijau yang merupakan sumber terbaik zat besi dan vitamin B ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan pankreas. Kedua nutrisi dalam bayam ketika masuk dalam tubuh bisa mengurangi potensi peradangan pada pankreas. Karena peradangan pada pankreas bisa tingkatkan risiko kanker pankreas.

Dan bahkan bayam mengandung zat yang dapat melawan kanker, disebut dengan MGDG (monogalactosyldiacylglycerol). Ini bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker pankreas dan menginduksi apoptosis

Bayam juga bermanfaat untuk mengendalikan kadar glukosa yang tinggi. Sebuah studi yang dilakukan tahun 2015, yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition menemukan bahwa ekstrak bayam kaya tilakoid yang menghasilkan peningkatan rasa kenyang, sehingga bisa menyesuaikan kadar glukosa dan lipid.

Konsumsi bayam setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya.

Kunyit

Bahan alami yang merupakan rempah-rempah ini ternyata baik untuk pankreas. Kunyit memiliki sifat yang bisa melawan sel kanker, sehingga bisa mencegah kanker, termasuk kanker pankreas. Senyawa kurkumin dalam kunyit efektif dalam mengidentifikasi sel-sel kanker dan membantu merusak sel-sel kanker tanpa mempengaruhi sel-sel normal di sekitarnya.

Ada sebuah hasil studi yang diterbitkan di Anticancer Research tahun 2013 mengatakan bahwan ekstrak kunyit yang dikenal sebagai kurkumin liposomal dapat menjadi alternatif untuk kemoterapi dalam pengobatan kanker pankreas.

Anti-inflamasi dalam kunyit juga bisa melindungi organ pankreas, dan manfaat lainnya mampu mengendalikan gual darah dan mencegah diabetes.

Konsumsi kunyit setiap hari, caranya kamu bisa memasukan 1 sendok teh bubuk kunyit dalam segelas susu.

Blueberry

Semua jenis buah baik untuk kesehatan pankreas, tapi buah berwarna biru ini merupakan yang terbaik diantara banyak buah yang baik untuk pankreas.

Buah ini kaya akan antioksidan, yang bisa melindungi pankreas dari stres oksidatif yang bisa menghasilkan kerusakan akibat radikal bebas. Dan juga bisa mengurangi risiko mengalami penyakit serius pada pankreas.

Senyawa pterostilbene dalam buah ini dapat membasmi sel-sel kanker pada paru-paru, lambung, pankreas dan payudara. Blueberry juga membantu dalam mengurangi kadar gula darah dan baik untuk penderita diabetes.

Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa asupan buah-buahan dan sayuran, buah khususnya, mampu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Brokoli

Sayuran yang termasuk dalam makanan terbaik ini mengandung senyawa sulfur tinggi yang dapat membantu mendetoksifikasi beberapa organ tubuh, termasuk pankreas. Sehingga bisa mengurangi risiko kanker pankreas.

Brokoli bahkan dapat mengurangi kolesterol dan stres oksidatif, kedua hal tersebut merupakan faktor yang sangat mempengaruhi kesehatan pankreas.

Untuk bisa merasakan manfaat dari borokoli ini, kamu harus memakannya secara mentah atau dikukus/masak sebentar.

Anggur Merah

Jenis anggur yang satu ini kaya akan senyawa yang dikenal dengan resveratrol, sebuah antioksidan kuat yang bisa melindungi jaringan pankreas dari kerusakan akibat radikal bebas. Dangan ini kamu bisa mengurangi risiko terkena pankreatitis atau kanker pankreas.

Selain itu, resveratrol juga bisa membasmi sel kanker pankreas. Dan juga bisa membantu mencegah kerusakan pada pembuluh darah dan mengurangi peradangan. Polifenol dalam anggur merah bisa meningkatkan metabolisme karbohidrat dalam tubuh dan glukosa dalam sel. Ini berguna unutk sensitivitas insulin.

Makan beberapa anggur merah setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya. Pastikan untuk mengonsumsi anggur dengan kulitnya.

Ubi Jalar

Ubi ini kaya beta-karoten, antioksidan kuat yang bisa tingkatkan kesehatan pankreas. Dan juga membantu mengontrol sal pankreas, yang bertanggung jawab atas produksi insulin. Bahkan, membantu menstabilkan kadar gula darah dengan melepaskan gula secara bertahap ke aliran darah.

Pastikan kamu mengonsumsi ubi jalar ini setiap hari.

Itulah 8 makanan untuk kesehatan pankreas, semoga bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *