Ketahuilah Lima Gejala Kanker Paru-Paru

Lima Gejala dari Kanker Paru-ParuKita semua tahu kalau kanker paru-paru merupakan penyakit yang ganas. Penyakit ini biasanya terdeteksi ketika stadium lanjut. Tapi sebenarnya, kanker paru-paru yang terdeteksi dini dapat meningkatkan harapan hidup pasien. Lalu, bagaimana cara kita mengetahui gejala penyakit ini?

1. Batuk hingga mengeluarkan darah

Menurut Raja Flores, MD, profesor thoracic surgery di Icahn School of Medicine, New York City, batuk berdarah merupakan pertanda buru. Oleh karena itu segeralah pergi ke ahli medis untuk memeriksanya.

Menurutnya Raja, meskipun kanker tidak selalu ditandai dengan batuk berdarah, tapi akan lebih baik bila kita memeriksanya untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya.

2. Nyeri dada

Jangan pernah sepelekan sakit yang tak kunjung hilang pada bagian dada, punggung, atau bahu. Apalagi bila hal itu disertai nyeri ketika tertawa, batuk, atau bernapas.

Menurut Flores, bila tumor terletak pada bagian dada, alhasil itu akan menyebabkan nyeri pada bagian dada kita. Hal serupa juga terjadi bila tumor terletak pada bagian punggung.

3. Batuk terus-menerus

Batuk memang bisa disebabkan oleh sesuatu yang sederhana, seperti alergi. Tapi jika batuk itu tak kunjung pergi, bisa jadi hal itu menandai sesuatu yang lebih serisu. Seperti kanker paru-paru. “Kanker pada bagian pernapasan dapat mengiritasi tenggorokan dan membuat batuk,” ujar Flores.

4. Sesak napas

Jika tiba-tiba kita terengah-engah setelah menaiki tangga, atau beroalahraga santai seperti berjalan, itu bisa menjadi tanda dari gejala kanker paru-paru.Hal itu disebabkan tumor yang memblokir tenggorokan, atau akumulasi cairan di dalam dada yang mengganggu paru-paru hingga menyebabkan kurangnya udara.

5. Merasa lelah

Jika kelelahan karena segudang aktivitas memang wajar. Tapi rasa lelah yang timbul bersamaan dengan aktivitas yang minim, itulah yang tidak wajar. Hal itu bisa menjadi tanda dari penyakit kanker.

Menurut Flores, hal itu memang bukan tanda khusus dari kanker paru-paru. Tapi kondisi tersebut menandakan ada sesuatu yang tidak beres pada tubuh kita. Selain itu menurut American Cancer Society, kehilangan berat badan dan nafsu makan juga bisa menjadi tanda dari kanker paru-paru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *