5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah MakanAda beragam hal yang orang-orang katakan tentang apa yang tidak boleh dilakukan setelah makan. Beberapa dari mereka memiliki merupakan kebenaran, dan sebaliknya ada juga yang hanya mitos belaka. Mungkin kamu ingin tahu sekali mengenai hal tersebu. Pada tulisan ini, husnaherbal.com akan mengulas beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan. Hal-hal tersebut mungkin akan membuat tubuh kita tidak nyaman, dan bahkan bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan.

Jangan berenang setelah makan makanan berat

Banyak orang yang beranggapan bahwa olahraga ringan seperti berenang akan membantu mereka menghilangkan rasa berat tubuh setelah mengonsumsi makanan berat. Berenang setelah makan bisa sebabkan kram perut. Dan kondisi tersebut bisa berakibat fatal bila kamu sedang berenang, bisa-bisa kamu tenggelam.

Jangan tidur setelah makan

Banyak orang yang makanan pada larut malam dan segera pergi tidur. Hal tersebut juga bisa terjadi di siang atau sore hari, mengantuk dan tidur setelah makan. Perlu kamu perhatikan, bahwa tidur setelah makan bisa berdampak buruk. Makanan yang telah masuk tidak bisa dicerna dengan baik, dan setelah kamu bangun rasa terbakar di mulut dan tenggorokan bisa kamu rasakan. Hal ini terjadi karena cairan dalam lambung mengalir ke arah sebaliknya karena tubuh kita sedang berbaring. Bila memang mengantuk, kamu bisa tunggu 1 jam atau 30 menit sebalum tidur.

Jangan makan buah-buahan setelah makan

Mengonsumsi buah-buahan merupakan hal baik, tapi itu tidak disarankan setelah makan. Konsumsi buah-buahan membuat perut terasa kembung dan buah-buahan akan tertahan dilambung. Dan itu bisa sebabkan gastritis. Tunggulah setelah 30 menit atau lebih.

Jangan merokok setelah makan

Banyak sekali orang-orang yang menganggap bahwa tidak enak rasanya bila setelah makan tidak merokok. Merokok merupakan hal yang buruk dan bisa tingkatkan risiko kanker. Ingat bagi kamu yang menderita sindrom kolitis, kamu harus segera menjauhi rokok. Karena roko bisa memperparah kolitis.

Jangan mandi setelah makan

Pencernaan membutuhkan banyak energi dan aliran darah ke perut. Tapi, ketika kamu mandi, aliran darah akan diarahkan ke lengan dan kaki. Mandi setelah makan meningkatkan risiko terkena gangguan pencernaan dan akan merasa tidak nyaman untuk waktu yang lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *