7 Cara Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Cara Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Secara tiba-tiba penyakit jantung muncul, dan kita tidak pernah tahu mengapa penyakit tersebut muncul. Penyakit tersebut merupakan salah satu penyakit yang secara diam-diam membunuh penderita tanpa peringatan. Tanpa disadari penyakit ini ada terkait dengan makanan yang kita konsumsi dan gaya hidup buruk yang kita jalani, sehingga berkontribusi terhadap penyakit jantung.

Alih-alih jatuh sakit dan mengalami tubuh yang lemas, penderita penyakit jantung dapat secara spontan kehilangan nyawa ditempat. Jadi, pencegahan selalu menjadi yang terbaik daripada mengobati, dan banyak cara untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Berikut adalah beberapa cara mengurangi risiko penyakit jantung.

Mengetahui apa risiko dan belajar bagaimana untuk menguranginya

Langkah paling penting adalah mengetahui apa yang bisa berkontribusi terhadap penyakit jantung dan ketahui juga tentang cara terbaik menguranginya. Mengetahui apa penyebabnya adalah hal paling penting.

Menjaga berat badan sepanjang hidup

Penting sekali untuk mempertahankan berat badan yang sehat sepanjang hidup. Perlu ditekankan, jangan melakukan penurunan berat badan secara drastis, karena bisa melemahkan jantung dan bahkan bisa membahayakan jantung.

Konsumsi makanan sehat

Memperhatikan makanan yang dikonsumsi juga sangat penting, karena bisa berperan dalam mengurangi risiko penyakit jantung. Hindari makan terlalu larut malam dan biasakan sarapan. Juga, jauhkan diri dari makanan berminyak dan berlemak. Lemak trans dan lemak jenuh juga harus dihindari.

Olahraga rutin

Kamu juga perlu untuk melakukan olahraga dengan baik. Jalan kaki merupakan olahraga terbaik yang direkomendasikan untuk mereka yang memiliki risiko tinggi mengalami penyakit jantung. Olahraga berjalan kaki tidak terlalu memberatkan tubuh atau jantung.

Cek selalu kolesterol tubuh

Penting untuk menjaga kadar kolesterol, sehingga perlu memeriksa kolesterol darah secara rutin. Banyak manfaatnya melakukan hal tersebut, kita bisa menjaga asupan makanan. Jika perlu minum obat untuk menurunkan kolesterol. Kolesterol dengan kadar tinggi adalah penyebab utama serangan jantung mendadak.

Cobalah untuk mengurangi stres

Cobahalah dan tinggalkan hal-hal yang bisa menyebab stres dalam hidup. Stres secara konstan bisa menjadi malapetakan untuk jantung kamu, jadi akan lebih baik untuk menyingkirkan stres.

Menenangkan pikiran

Kegiatan menenangkan pikiran, tidak hanya untuk otak saja, kegiatan ini juga memiliki sifat terapeutik untuk tubuh dan jantung. Ini bisa melancarkan sirkulasi darah.

Selain itu, cobalah konsultasi ke dokter mengenai suplemen atau bahan-bahan herbal yang bisa mendukung pengurangan risiko penyakit jantung. Jika kamu memiliki riwayat penyakit jantung dikeluarga, selalu periksakan ke dokter secara teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *