Cara Menghindari Penyakit Glaukoma Pada Orang Tua

Nyeri pada mata merupakan salah satu tanda glaukoma, kondisi seperti ini merupakan hal yang sangat serius. Pemeriksaan dapat memberikan penjelasan tentang kondisi mata. Penangan lebih lanjut dapat menghindari mata dari kebutaan. Menurut Mayo Clinic, tingginya tekanan dalam mata dapat merusakn saraf optik. Dari itu diperlukan cara menghindari penyakit glaukoma, yang bisa diterapkan sedini mungkin.

Cara Menghindari Penyakit Glaukoma Pada Orang TuaKondisi mata yang memiliki penyakit glaukoma ini disebabkan oleh ketidakseimbangan pembuangan dan produksi cairan dalam bola mata, bisa itu produksi cairan yang berlebihan ataupun tersumbatanya saluran pembuangan cairan. Menurut WHO, glaukoma ini merupakan penyebab kebutaan kedua terbesar di dunia.

Kerusakan saraf di dalam mata yang menimbulkan penyakit glaukoma ini. Tekanan yang berlebihan yang menyebabkan kerusakan jaringan saraf halus mata. Penyebab produksi cairan yang berlebihan sampai sekarang masih belum diketahui.

Gejala Glaukoma

Penderita akan merasakan gejala-gejala dari penyakit glaukoma ini, namun kadang gejala-gejala ini sukar sekali untuk dikenali. Berikut adalah beberapa gejala dari glaukoma yang kami kutip dari eHow.

  • Perhatikan sakit mata yang tiba-tiba atau sakit berat yang menyebabkan sensasi berdenyut pada satu atau kedua mata.
  • Penglihatan kabur atau penglihatan menurun dari waktu ke waktu.
  • Mual dan muntah merupakan efek yang umum dari masalah penglihatan, terutama yang berkaitan dengan kedua jenis glaukoma.
  • Waspada dengan gejala yang datang dan pergi tapi kronis.

Beberapa Faktor Risiko Terkena Glaukoma

Siapapun bisa menderita glaukoma, tetapi ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko terkena galukoma.(sumber: mercola.com)

  • Etnis tertentu: Glaukoma delapan kali lebih umum terjadi pada mereka orang Afrika-Amerika. Meksiko-Amerika, Asia-Amerika dan Jepang-Amerika juga memiliki risiko tinggi mengalami glaukoma.
  • Berusia lebih dari 60 tahun: Risiko galukoma meningkatkan setelah kamu berusia lebih dari 60 tahun.
  • Penyakit kronis: Seperti diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan hipotiroidisme. Mereka yang memiliki penyakit tersebut tingkat risikonya lebih tinggi.
  • Riwayat keluarga: Jika seseorang dalam keluarga mu memiliki galukoma, maka kamu bisa meningkatkan risiko terkena galukoma.
  • Cedera mata dan rabun: Cedera mata seperti ablasi retina, tumor mata, radang mata, serta rabun jauh, bisa tingkatkan risiko galukoma.
  • Penggunaan kortikosteroid: Kamu yang menggunakan obat ini dalam jangka panjang tampaknya dapat meningkatkan risiko galukoma, terutama obat tetes mata kortikosteroid.

Perlu kamu ketahui bahwa penyakit glaukoma ini memiliki dua jenis, yaitu glaukoma sudut terbuka (paling umum), jenis ini bersifat progresif tanpa gejala nyata pada awal terkena. Dan sudut tertutup, jenis ini juga berlangsung secara bertahap tapi dalam kurun waktu singkat, penderita harus segera mendapatkan perawatan medis. Galukoma sudut tertutup bisa tidak segera diobati dapat sebabkan kebuaan dalam satu atau dua hari.

Cara Menghindari Penyakit Glaukoma Pada Orang Tua

Handful of blueberries

Sebagai bagian dari program menyeluruh untuk menjaga penglihatan tetap sehat dan bebas masalah, bahkan saat usia mu mulai menua, pastikan kamu melakukan hal berikut:

Berikan tubuh asupan suplemen asam lemak omega-3 hewani

Omega-3 lemak yang disebut asam docosahexaenoic (DHA) dapat membantu melindungi dan meningkatkan fungsi retina yang sehat. DHA terkonsentrasi pada retina mata dan ini telah diterbukti sangat berguna dalam mencegah degenerasi makula, penyebab utama kebutaan.

Omega-3 lemak, termasuk DHA, yang ditemukan pada ikan, tapi tidak merekomendasikan makan ikan karena kekhawatiran akan kandugnan merkuri dan racun lainnya yang telah ditemukan pada ikan dari lautan, danau dan sungai atau ikan hasil peternakaan. Sebaliknya, sumber lemak omega-3 yang paling dianjurkan adalah minyak dari udang krill.

Konsumsi banyak lutein dan zeaxanthin

Banyak yang tidak pernah mendengar khasiat luar biasa dari kedua senyawa ini, mereka ini penting sekali untuk melindungi kondisi kesehatan mata. Lutein, merupakan karotenoid yang banyak  ditemukan dalam sayuran berdaun, dan bertindak sebagai antioksidan, melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Sumber yang baik untuk kedua senyawa ini ada dalam kale, collard hijau, bayam, brokoli, kubis Brussel dan kuning telur, khususnya kuning telur mentah. Kuning telur juga memiliki zeaxanthin dan karotenoid lain. Zeaxanthin mungkin sama efektifnya seperti lutein dalam melindungi penglihatan.

Penting untuk dicatat bahwa lutein merupakan nutrisi yang larut dalam minyak, dan jika kamu hanya mengkonsumsi sayuran di atas tanpa minyak atau mentega tubuh mu tidak dapat menyerap lutein tersebut. Jadi, pastikan Anda makan beberapa lemak sehat bersama dengan sayuran tersebut.

Kuning telur juga sarat dengan nutrisi tersebut, tetapi setelah telur dimasak kandungan mereka cenderung rusak dan tidak berguna. Jadi kamu bisa mengkonsumsinya secara mentah, mungkin bisa juga dengan setengah matang atau merebusnya.

Hindari lemak trans

Lemak trans dapat mengganggu asam lemak omega-3 dalam tubuh, yang sangat penting untuk kesehatan mata.Lemak trans ditemukan dalam banyak makanan olahan dan makanan yang dipanggang, termasuk margarin, mentega, makanan yang digoreng seperti kentang goreng, ayam goreng dan donat, biskuitdan kerupuk.

Konsumsi buah berry berwarna gelap

Blueberry Eropa, bilberry, dikenal dapat mencegah dan bahkan mampu melawan degenerasi makula, dan bioflavonoid dari buah berwarna gelap lainnya termasuk blueberry, cranberry dan lain-lain juga bermanfaat untuk mata. Mereka bekerja dengan memperkuat pembuluh darah halus yang membawa nutrisi ke otot dan saraf mata.


Eye Care Softgel Produk Herbal Dari Blueberry

Cara Menghindari Penyakit GlaukomaMenurut penelitian kandungan dari ekstrak Blueberry, mampu mencegah terjadinya penyumbatan dalam saluran pembuangan cairan dalam mata serta merawat pengeluaran cairan mata. Selain itu mampu memperbaiki sirkulasi di bagian mata, dapat menutrisi organ mata dan saraf yang terhubung ke mata, mencegah penurunan daya penglihatan, dapat melindungi lensa mata.

Khasiat-khasiat diatas tidak dapat diatasi oleh hanya ekstrak bluebertty saja, namun bahan-bahan lain yang mendukungnya dapat menghasilkan khasiat diatas. Dan suplemen Eye Care adalah solusinya, bahan-bahan yang membentuknya sepenuhnya alami, diantarnya Eyebright, Ekstrak ginkgo biloba, Lutein, Riboflavin, Taurine, Ekstrak biji anggur VA, Zinc. Suplemen ini berbentuk softgel, segera pesan sekarang juga.

Klik tautan di bawah ini untuk memesannya.

Cara Pemesanan Eye Care Softgel

Keteraturan dalam konsumsinya, serta dibarengi dengan gaya hidup sehat, dapat mencegah mata kamu dari penyakit mata. Itulah cara menghindari penyakit glaukoma pada orang tua, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *