Cara Menghilangkan Komedo Dengan 5 Bahan Alami

Cara Menghilangkan KomedoBagi kamu yang sangat memperhatiakan penampilan komedo merupakan masalah merepotkan, dan ini biasanya terjadi pada saat remaja. Tapi ada beberapa orang yang setelah masuk usia dewasa pun mereka masih memiliki komedo. Bintik-bintik hitam tersebut biasanya muncul pada hidung dan sekitar area dahi, atau bisa saja muncul di area lain kulit. Tapi apa yang menyebabkan komedo?

Noda hitam yang menempel di kulit atau biasa disebut komedo, yang merupakan istilah medisnya terbentuk ketika sebagian folikel rambut atau pori-pori kulit tersumbat oleh sebum berlebih. Sebum sendiri merupakan hasil dari kelenjar sebaceous berbentuk minyak, jadi sebum juga bisa disebut dengan minyak.

Kelenjar sebaceous dalam kulit membantu melumasi kulit dan mengurangi kerentanan terhadap luka, tetapi jika mereka ini menghasilkan sebum berlebih, komedo mungkin bisa saja muncul. Tiga langkah dibawah ini menjelaskan proses pembentukan komedo.

  • Kelenjar sebaceous memproduksi sebum berlebih.
  • Kelebihan sebum tersebut bercampur dengan sel-sel kulit mati, dan menyumbat folikel rambut.
  • Warna dari sebum yang bercampur sel kulit mati tersebut teroksidasi dan berubah warna.

Ada juga yang mengatakan bahwa warna gelap komedo muncul bukan dari kotoran yang menempel ke sebum. Melainkan, hal itu adalah proses oksidasi melanin, yang merupakan pigmen yang ditemukan di sebum, yang menciptakan warna gelap pada komedo. Sebaliknya, whiteheads sepenuhnya tersumbat dibawha kulit, sehingga sebum bisa mempertahankan warnanya.

Komedo sendiri memiliki dua jenis, yaitu:

  1. Blackhead (komedo terbuka), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Warnanya hitam karena teroksidasi oleh udara.
  2. Whitehead (komedo tertutup), sedangkan yang satu ini terpendam di dalam lapisan kulit ari yang tersumbat kotoran, terlihat bagai benjolan kecil-kecil di bawah kulit.

Jika tidak diobati, baik blackhead dan whiteheads bisa menjadi meradang karena masuknya bakteri kulit ke dalam folikel rambut yang tersumbat. Pada akhirnya, mereka berubah menjadi jerawat.

Faktor-Faktor Yang Dapat Menyebabkan Komedo

Penyebab komedo bervariasi tergantung kondisi setiap orang, tetapi sebagian besar merupakan kombinasi dari produksi hormon, keturunan dan pertumbuhan bakteri kulit.

Hormon

Pubertas menyebabkan tubuh kamu untuk menghasilkan lebih banyak hormon androgen. Kondisi ini selanjutnya menyebabkan kelenjar sebaceous membesar dan menghasilkan lebih banyak sebum. Kondisi ini cenderung terjadi lebih sering pada pria dibandingkan wanita.

Keturunan

Gen dalam tubuh mu mungkin memainkan peran dalam mempengaruhi ukuran dan jumlah produksi kelenjar sebaceous. Dan ini mungkin bisa meningkatkan risiko memiliki komedo.

Bakteri

Bakteri pada kulit bisa bereaksi terhadap sebum, yang menyebabkan penyumbatan. Dan hal itu dapat membentuk jerawat, yang mengakibatkan peradangan yang ketika disentuh akan terasa menyakitkan.

Faktor-Faktor Yang Dapat Meningkatkan Risiko Terkena Komedo

Ada beberapa faktor yang berkaitan dengan peningkatan komedo dan jerawat. Salah satunya adalah merokok, terutama di kalangan wanita.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Dermatology, peneliti mewawancarai 1.000 wanita antara usia 25 sampai 50 tahun. Mereka menemukan bahwa 42 persen dari mereka yang merokok memiliki jerawat, tetapi di kalangan non-perokok, hanya 10 persen yang mengalami jerawat.

Selain itu, merokok juga menyebabkan kulit lebih cepat menua, kering dan kasar. Faktor lain yang dapat meningkatkan risiko mendapatkan komedo meliputi:

  • Menggunakan produk kosmetik yang dapat menyumbat folikel rambut (umumnya dikenal sebagai comedogenic makeup).
  • Pergi ke daerah yang lebih lembaban.
  • Stres bisa menimbulkan jerawat.

5 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Meskipun ada banyak produk yang dijual dapat membantu menghilangkan komedo, tapi mungkin produk tersebut mengandung zat yang dapat membahayakan kesehatan kulit kamu. Sebagai alterntifnya, cobalah pengobatan alami ini untuk membantu menyingkirkan komedo dengan aman:

Lemon

Air perasaan lemon mengandung asam sitrat yang disebut alpha hydroxy acid (AHA) yang dikenal secara alami dapat mengangkat sel kulit mati. Dan juga mengandung vitamin C, yang dapat membantu merangsang produksi kolagen, sehingga dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Untuk mendapatkan manfaatnya, ambil 1 sendok teh air perasaan lemon. Setelah itu, celupkan bola kapas dalam air perasaan tersebut, kemudian oleskan pada kulit dengan komedo. Tunggu hingga kering, lalu bilas dengan air.

Madu

Madu mengandung sifat antibakteri yang dapat membantu menghilangkan komedo. Cukup dengan memanaskan satu sendok makan madu, sampai hangat, dan oleskan ke komedo, biarkan selama 10 menit.

Kunyit

Kunyit biasanya digunakan dalam memasak, tapi kunyit yang digunakan sebagai bahan perawatan kulit biasanya kunyit liar.

Untuk membuat salep kunyit, campurkan sedikit kunyit liar yang telah di hanucrkan dengan satu sendok makan minyak kelapa. Tempelkan pada komedo dan biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Cuka sari apel dan daun peppermint

Cuka sari apel mengandung sifat antibakteri kuat yang dapat membantu melawan bakteri. Kamu juga dapat membuat toner wajah dengan menggunakan cuka sari apel yang dicampur dengan peppermint, ini bisa membantu menambah perasaan menenangkan pada wajah.

Untuk membuat toner, campurkan 3 sendok makan cuka sari apel, 3 sendok makan daun peppermint cincang dan 8 ons air dalam botol kecil, campurkan lalu diamkan di tempat yang dingin selama satu minggu. Setelah itu lalu saringan, dan kemudian tambahkan secangkir air ke dalam campuran tersebut. Gunakan toner tersebut pada wajah dengan bola kapas.

Teh hijau

Daun teh hijau yang memiliki antioksidan dan vitamin dapat membantu mengobati komedo. Cukup campurkan teh hijau dua sendok teh ke dalam secangkir air hangat. Setelah itu biarkan selama satu jam, letakan ke komedo dan biarkan hingga kering selama 10 menit, lalu bilas dengan air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *