9 Bahan Alami Sebagai Cara Menghilangkan Jerawat Di Punggung Dengan Cepat

Jerawat tidak hanya muncul di wajah saja. Melainkan bisa muncul di setiap bagian tubuh mana saja yang memiliki banyak kelenjar sebaceous yang mensekresi minyak/sebum atau folikel rambut, misalnya di punggung, dada, dan bahu. Jerawat di punggung bisa sangat menggangu, kita tidak bisa leluasa memilih pakaian, apalagi pakaian ketat.

Cara Menghilangkan Jerawat Di PunggungKemunculan jerawat di punggung ini akibat tumpukan sebum yang bercampur dengan sel-sel dari kulit mati dan juga bakteri, sehingga menyumbat pori-pori dan sebabkan jerawat.

Kebanyakan orang memiliki jerawat di wajah, dan tidak sedikit juga orang dengan jerawat di daerah punggung dan dada. Memiliki jerawat di punggung atau dada bisa lebih mungkin kondisinya berubah menjadi parah.

Mencegah Kembali Jerawat

Kamu sebaiknya selalu mengontrol kondisi jerawat yang ada di punggung, karena faktor-faktor utama dapat mengembangkan jerawat di punggung, seperti fluktuasi hormonal dan genetik. Karena kedua hal tersebut tidak bisa dikontrol.

Tapi kamu bisa mengurangi lesi jerawat dikemudian hari dengan:

Hindari obat-obatan tertentu. Beberapa obat, termasuk androgen (hormon laki-laki) dan lithium, obat ini dikenal bisa meningkatkan perkembangan jerawat. Jika kamu sedang mengonsumsi obat ini, berbicara dengan dokter tentang perawatan alternatif yang bisa digunakan.

Batasi penggunaan produk perawatan kulit berbasis minyak. Cobalah untuk tidak menggunakan pelembab, kosmetik, tabir surya, dan produk berminyak lainnya di punggung mu, karena mereka dapat menyebabkan jerawat di punggung memerah.

Jangan ada tekanan pada punggung. Jika kamu memakai pakaian ketat, ransel atau peralatan olahraga, seperti bantalan bahu, yang menekanan punggung, cobalah untuk tidak memakainya sementara waktu. Tekanan berkepanjangan dan gesekan dari benda-benda tersebut dapat memicu beberapa jenis jerawat kembali, disebut jerawat mekanikal.

Gunakan pelembap non-comedogenic. Bila kamu memiliki kulit kering, termasuk di punggung, bisa memakai pelembap non-comedogenic. Karena kulit yang kering bisa sebabkan munculnya jerawat.

Kondisi punggung seperti sekarang memang merepotkan, sebagai cara menghilangkan jerawat di punggung dengan cepat dan alami kamu hanya perlu mempersiapkan beragam bahan alami, tidak perlu memakai obat atau pergi ke dokter. Berikut adalah bahan-bahan alami yang mampu menghilangkan jerawat di punggung.

#1 Cuka sari apel

Cuka apel merupakan bahan alami yang baik sekali untuk kesehatan kulit dan dapat mengatasi beragam masalah kulit, termasuk jerawat yang muncul di punggung.

Manfaat dari cuka ini dapat menghambat peradangan dan pertumbuhan bakteri yang bertanggung jawab atas timbulnya jerawat, dan ini karena sifat anti-inflamasi dan antibakterinya. Ditambah, cuka ini bisa membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit, yang penting dalam menjaga kulit kamu bebas dari beragam masalah.

Ambil setengah gelas air, campurkan dengan 1 sendok makan cuka sari apel. Lalu oleskan larutan tersebut pada punggung yang berjerawat. Tunggu 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Ulangi 2 atau 3 kali sehari sampai jerawat menghilang.

Selain itu, kamu bisa mengonsumsi cuka sari apel untuk membantu menjaga kulit tetap sehat dari dalam. Caranya, siapkan segelas air hangat, campurkan dengan 1 sendok teh cuka sari apel dan madu. Minum dua kali sehari.

#2 Minyak pohon teh

Minyak esensial ini sarat dengan sifat antiseptik dan anti-inflamasi alami yang membantu dalam menghilangkan jerawat. Mengoleskan minyak ini dapat dengan mudah menembus ke dalam kulit dan membantu mengeringkan jerawat dengan cepat. Dan juga bisa mengurangi kemerahan dan peradangan.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2007, yang diterbitkan di Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology, menemukan bahwa mengoleskan minyak pohon teh sebesar 5% bisa menjadi obat yang efektif untuk meringankan jerawat.

  • Masukan 1 atau 2 tetes minyak pohon teh pada bola kapas dan oleskan dengan hati-hati pada punggung berjerawat. Biarkan selama 15 sampai 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Gunakan sekali sehari.
  • Atau, bisa juga dengan mencampurkan 4 atau 5 tetes minyak pohon teh dalam 1 sendok teh madu. Oleskan pada punggung, diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air. Ulang satu kali sehari.

#3 Madu

Kandungan dalam madu bisa mempengaruhi kondisi jerawat. Madu bisa menghidrasi kulit berjerawat dan merelaksasinya. Agen antibiotik dan antibakteri alami madu dapat mengurangi gejala jerawat dan mencegah infeksi.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Asian Pacific Journal of Tropical Biomedik pada tahun 2011, mencatat bahwa madu murni memiliki potensi dalam mengobati infeksi yang disebabkan resistensi antibiotik serta sensitifitas antibiotik bakteri.

Madu juga bisa menjadi bahan untuk mencegah jerawat.

  • Oleskan madu murni pada punggung berjerawat. Tunggu 10 sampai 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Ulangi 2 atau 3 kali sehari.
  • Kamu juga dapat membuat salep dengan 1 sendok makan madu dan ½ sendok teh bubuk kayu manis. Oleskan pada punggung. Tunggu sekitar 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Gunakan ini sekali sehari.

#4 Kunyit

Kunyit memiliki kandungan antibakteri yang membantu membunuh P. acnes bakteri, yang menyebabkan jerawat.

Studi yang dilakukan pada tahun 2013 dan diterbitkan dalam Chemical and Pharmaceutical Bulletin menemukan bahwa senyawa curcumin dalam kunyit memiliki aktivitas antimikroba yang menghambat pertumbuhan P. acnes bakteri.

Selain itu kunyit juga memiliki anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan dan rasa perih. Dan juga membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit untuk tetap bebas dari jerawat.

  • Campurkan 1 sampai 2 sendok teh kunyit bubuk dan sedikit minyak wijen untuk membentuk salep. Oleskan pada punggung. Biarkan selama sekitar 1 jam sebelum membilasnyaf. Gunakan obat ini 1 atau 2 kali sehari selama beberapa hari.
  • Juga, minum susu kunyit dua kali sehari untuk melawan peradangan dan nyeri. Untuk membuat susu kunyit, campurkan ½ sendok teh bubuk kunyit dalam segelas susu hangat.

#5 Lidah buaya

Tanaman ini merupakan salah satu cara menghilangkan jerawat di punggung. Gel dalam lidah buaya ini dapat membantu membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat, mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan.

Sebuah studi pada tahun 2008 yang diterbitkan dalam Indian Journal of Dermatology memfokuskan penelitian mengenai sifat obat dalam lidah buaya, seperti anti-inflamasi, antibakteri, antiseptik dan antimikroba. Dan ternyata penelitian ini mengatakan bahwa lidah buaya memiliki efek anti-jerawat.

Dan pada tahun 2014 sebuah studi menyimpulkan bahwa lidah buaya sangat efektif dalam pengobatan jerawat. Hasil dari studi ini diterbikat dalam Journal of Dermatological Treatment.

  • Ambil beberapa potong daun lidah buaya dan ambil gelnya. Oleskan pada punggung berjerawat dua kali sehari selama seminggu.
  • Atau kamu bisa membuat salep, campurkan 1 sendok makan gel lidah buaya yang telah dihancurkan dengan ½ sendok teh madu dan kunyit bubuk. Oleskan pada punggung, biarkan selama 15 sampai 20 menit, kemudian bilas. Ulangi 1 kali sehari.

#6 Teripang

Kandungan dalam teripang ini mampu mengatai beragam bekas luka, termasuk bekas jerawat. Dan juga kandungan antibakteri dan antimikrobanya bisa mengatasi bakteri penyebab jerawat, serta antiinflamasinya bisa mengurangi rasa sakit akibat jerawat.

Baca juga: Obat Penghilang Bekas Luka Koreng

Selain itu, kandungan biota laut ini bisa mempercepat regenerasi sel-sel kulit.

  • Buatlah salep dari teripang, dengan cara mengeringkan teripang lalu buat menjadi bubuk. Setelah itu kamu tinggal campurkan dengan air secukupnya sampai mengental, lalu oleskan pada punggung. Lakukan ini 2 kali sehari.
  • Kamu juga bisa langsung mengonsumsinya, baik itu sebagai lauk pauk atau suplemen.

#7 Jeruk nipis

Buah ini kaya asam L-askorbat, sebuah zat alami, yang dapat membantu menyingkirkan jerawat dengan cepat. Asam ini membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan pori-pori yang tersumbat. Ditambah, sifat antibakterinya dapat membantu memerangi bakteri penyebab jerawat.

Gosokan sepotong lemon pada punggung, dengan gerakan melingkar. Setelah itu, tunggu hingga 10 menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan ini 1 atau 2 kali sehari.

Kamu juga bisa mencampurkan perasaan air jeruk nipis pada segelas air. Lalu oleskan pada kulit punggung dengan bola kapas. Tunggu 20 sampai 25 menit, bilas dengan air dingin. Ulangi 2 kali sehari.

Peringata: Cara diatas tidak dianjurkan untuk mereka yang memiliki kulit sangat sensitif.

#8 Teh hijau

Senyawa katekin dalam teh hijau memiliki sifat antibakteri yang membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Dan sifat anti-inflamasi teh hijau membantu mengurangi kemerahan dan peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Celupkan bola kapas dalam secangkir teh hijau dan letakan pada punggung berjerawat. Tunggu selama 10 menit, kemudian bilas dengan air. Ulangi cara ini 2 kali sehari.

Minum juga 3 sampai 4 cangkir teh hijau setiap hari untuk meningkatkan kesehatan kulit.

#9 Tomat

Terakhir, tomat mengandung asam salisilat, yang efektif untuk mengobati jerawat. Bahkan, bisa membantu mengeringkan jerawat dengan cepat. Serta, sifat anti-inflamasinya membantu dalam mengurangi rasa sakit dan peradangan jerawat. Satu lagi, tomat juga bisa memperbaiki kerusakan sel-sel kulit.

  • Gosokkan irisan tomat pada punggung, tunggu selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Ulangi dua kali sehari.
  • Atau, kamu bisa membuat salep dari 1 sendok makan jus tomat, beberapa tetes jus lemon dan ½ sendok teh madu. Campurkan dan oleskan pada kulit berjerawat dengan bola kapas. Tunggu 5 sampai 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Gunakan ini 1 kali sehari selama beberapa hari.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan jerawat di punggung dengan cepat dan alami, semoga bisa membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *