Apa Penyebab Pneumonia?

Penyebab PneumoniaPerlu kamu ketahui bahwa penyebab utama pneumonia tidak hanya satu. Penyakit ini bisa disebabkan oleh berbagai jenis kuman, termasuk bakteri, virus dan jamur yang masuk melalui pernapasan. Sangatlah penting untuk kamu mengetahui penyebab pneumonia, karena berguna untuk menentukan pengobatan yang akan diambil.

Penyebab Utama Pneumonia

Bakteri dapat mempengaruhi setiap orang dari semua usia, pneumonia adalah dampak dari infeksi bakteri. Pneumonia bisa muncul setelah mengalami flu parah atau berkepanjangan atau tertular.

Virus dapat juga masuk ke dalam pernapasan dan sebabkan pneumonia. Dan kondisi ini biasanya terjadi pada anak-anak dan manula. Pneumonia akibat virus biasanya tidak parah, dan akan sembuh dalam waktu singkat.

Namun, radang paru-paru yang disebabkan oleh virus flu bisa fatal, dan akan sangat berbahaya bila diderita oleh wanita hamil atau orang dengan penyakit jantung atau paru-paru.

Pneumonia bisa disebabkan jamur oportunistik dan bisa berkembang pada saat menghirup spora, seperti dari tanah atau kotoran burung.

Contoh infeksi yang bisa sebabkan pneumonia jamur adalah histoplasmosis, kriptokokosis coccidiomycosis, aspergillosis, dan blastomikosis.

Ada penyebab lain yang berpotensi sebabkan pneumonia, yaitu mycoplasma. Organisme ini seperti bakteri, tapi bakteri yang tidak memiliki dinding sel. Ukurannya lebih besar dari virus tetapi lebih kecil daripada bakteri, organisme ini dipanggil bakteri atipikal.

penyebab potensial lain dari pneumonia adalah Mycoplasma. Ini adalah yang terkecil hidup bebas agen penyakit yang dikenal saat ini. Mereka tidak bakteri atau virus, namun mereka memiliki sifat-sifat dari kedua.

Pneumonia mycoplasma ini biasanya menyebabkan bentuk ringan, dan mungkin juga bisa menjadi parah dalam beberapa kasus. Pneumonia jenis ini bisa menyerang semua usia, namun paling sering terjadi pada anak-anak dan orang dewasa muda.

Bagaimana Organisme Penyebab Pneumonia Bisa Masuk?

Hampir sepanjang waktu tubuh kita secara efektif melakukan filtrasi terhadap organisme-organisme berbahaya dengan sistem imunnya, dengan kemampuan batuk dan silia (seperti struktur rambut kecil) di hidung, semua ini bekerja sama dalam mengeluarkan kuman dari dalam tubuh.

Namun, ada kalanya kuman tersebut berhasil masuk ke dalam tubuh dan memasuki paru-paru, dan sebabkan infeksi. Ini terjadi karena beberapa hal, diantaranya:

  • Kondisi sistem imun sedang menurun
  • Kondisi jamur, virus atau bakteri yang menyerang sangat kuat.
  • Tidak mampu batuk, sepetika ketika kamu sedang diberi obat penenang atau sedang stroke, ini menyebabkan kuman untuk tetap beradan di saluran pernapasan.

Demikianlah sedikit mengenai penyebab pneumonia. Semoga bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *